Home / Uncategorized / Ciri dan Tanda Kerusakan pada ECU Mobil Injeksi atau EFI

Ciri dan Tanda Kerusakan pada ECU Mobil Injeksi atau EFI

Ciri dan Tanda Kerusakan pada ECU

Ciri dan Tanda Kerusakan pada ECU

Ketika mobil injeksi mengalami gangguan atau kerusakan bisa disebabkan karena masalah pada ECU. Apakah itu ECU ? ECU sendiri merupakan singkatan dari Engine control unit, singkatnya ECU merupakan unit pengontrol mesin pada kendaraan EFI atau Injeksi, ECU berisi rangkatian elektronik dan peranti lunak / software yang tugasnya membaca sensor-sensor pada mesin lalu memerintahkan aktuator untuk bekerja. Istilah lain dai ECU adalah ECM (Engine control Modul). Mengingat pentingnya ECU, sehingga merupakan perangkat yang sangat penting pada mobil masa kini yang telah menggunakan mesin Injeksi.

ECU pada tiap merk mobil tersedia dalam banyak jenis, tergantung pada fitur fitur yang terdapat pada mobil tersebut. Pada satu mobil bisa saja terdapat lebih dari satu ECU yang saling berkomunikasi atau terhubung dengan ECU yang lain.

Fungsi ECU pada mesin mobil Injeksi:

Secara umum fungsi ECU antara lain sebagai berikut :

  • Mengatur ignition timing atau waktu pengapian pada masing-masing ruang pembakaran.
  • Mengatur campuran antara bahan bakar dan udara pada tiap tiap silinder atau ruang pembakaran mesin sesuai dengan kondisi saat dikemudikan.
  • Mengontrol putaran mesin ketika pada mode idel atau ketika putara mesin stationer.
  • Pada beberapa jenis kendaraan ECu mobil juga berfungsi sebagai pengatur kerja AC mobil.

Ciri atau tanda ECU mengalami kerusakan :

ECU sendiri tersedia dalam bentuk yang bermacam-macam, pada merk mobil satu dengan merk mobil yang lain bisa saja berbeda, baik dari komponen elektronika, cara kerja ataupun software yang digunakan. Sehingga ciri-ciri kerusakan ecu pada tiap merk mobil bisa berbeda beda.
Secara umum, kerusakan pada ECU mobil injeksi dapat memungkinkan terjadi hal-hal di bawah ini :

  1. Mesin tidak bisa hidup
  2. Mesin mobil menyendat-nyendat
  3. tenaga mesin turun
  4. Konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros
  5. Lampu cek engine tidak menyala/mati namun ada juga yang lampu cek engine tetap menyala.

Perlu digaris bawahi, kerusakan ECU pada tiap tiap mobil bisa berbeda, bisa saja ciri ciri yang tersebut di atas bukan disebabkan oleh kerusakan pada ECU. Apabila mengalami hal-hal di atas Lebih baik untuk segera memeriksakan kendaraan pada bengkel langganan anda.

Itulah beberapa ulasan mengenai ciri atau tanda ECU pada mobil injeksi atau EFI mengalami kerusakan, semoga bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.

ciri ciri mobil EFI,ciri ciri atau gangguan sistem efi,jenis gangguan pada sistem EFI,jenis-jenis kerusakan efi,Kerusakan aktuator pada sistem efi,kerusakan Ecu pada mobil injection,kerusakan sistem l efi,trobel pada tiap sensor efi,

About vicky

Gandrung sama perkembangan dunia otomotif yang semakin canggih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *