Home / Honda / Kelebihan dan kekurangan Honda Civic FD 1 – FD 2, sedan keren beneran apa tidak

Kelebihan dan kekurangan Honda Civic FD 1 – FD 2, sedan keren beneran apa tidak

Honda Civic Keluaran 2006 hingga 2012 atau dikenal Honda Civic FD yang punya body bongsor ini ternyata cukup populer dipasaran. Desainnya tampak sporti dan elegan memberikan kesan yang mewah dan bergaya.

Meskipun harganya masih tergolong tinggi, namun kendaraan ini tak sepi peminat. Maksudnya peminat yang punya kantong cukup besar.

Maklum aja sedan penerus Civic ES ini masih tinggi harganya. Ia masih dijual dengan harga di atas 100 juta, di atas 150 juta rupiah juga ada, bahkan ada yang menawarkan di atas 200 juta. Ingat, itu harga yang ditawarkan. Alias Masih Bisa nego.

Meskipun bukan Sedan keluaran terbaru, Civic FD menawarkan banyak hal yang bikin ngiler. Mulai dari desain eksterior, interior, dapur pacu, fitur. Semuanya bikin ngiler, apalagi seperti kamu-kamu yang berjiwa muda dan penuh ambisi seperti saya.

Dengan segala tampilan yang wow pada Honda Civic FD itu, apakah layak kita miliki. Kalau dikasih gratis kita oke-oke saja. Namun ini kita beli, dengan uang yang tidak sedikit. Orang yang memiliki kantong besar pun harus pintar mempertimbangkan pilihannya.

Agar tidak rugi di belakang hari. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Honda Civic FD yang harus kamu ketahui.

Kelebihan honda civic FD

Desain eksterior, Honda Civic FD ini jelas memiliki desain yang tidak membosankan. Kesan Sporty, elegan dan gagah ada pada eksterior sedan ini. Meskipun selera orang beda-beda, namun saya yakin hampir 80 persen orang setuju dengan pendapat ini.

Sudah mengusung teknologi i-VTEC. Pernah dengan i-VTEC kan? Tulisan I-VTEC ini biasanya nempel pada mobil-mobil besutan honda. Singkatan dari Variable Valve Timing and Lift Electronic Control. Merupakan teknologi pengaturan katup milik produsen mobil honda. Dengan teknologi i-VTEC : meskipun mobil bercilinter kecil, ia tetap mampu menghasilan tenaga yang bersilinder besar yang non i-VTEC, Lebih irit konsumsi BBM, Kinerja mesin tetap optimal di putaran bawah maupun atas.

 

Tenaga yang responsif. Dengan teknologi i-VTEC yang dipadukan dengan mesin 4 silinder segaris 16 katup 1.800 CC. Honda Civic FD bisa menghasilan tenaga 140 HP pada 6.300 RPM, torsi 177 Nm pada 4.200 untuk FD1. Sedangkan untuk FD 2 bisa menghasilan tenaga 155 HP pada 6.000 RPM, torsi 192 Nm pada 4.200 RPM.

Konsumsi bahan bakar yang cukup irit apakagi kalau digunakan untuk keluarga kota. Untuk dalam kotan Civic FD ini mengkonsumsi bahan bakar antar 7 – 10 km per liter, sedangkan untuk luar kota 10 – 13 km per liter.

Handling yang mantap dan nyaman dalam berkendara khas sedan mewah, hal ini karena ditopang dengan supensi McPherson strut independen untuk bagian belakang dan doble wishbone independent.

Tampilan interior yang modern. Instrumen pengukur seperti speedometer, tacometer, pengukur suhu, indikator bbm didesain dengan model dua tingkat yang futuristik.

Kekurangan Honda Civic FD

Kursi depan yang kurang empuk. Sangat disayangkan untuk kategori mobil sedan mewah, kursi pada honda civic FD tergolong agak keras.

Suara bisik pada kecepatan tinggi. Untuk kecepatan rendah dan sedang peredam pada civic FD berfungsi dengan baik. Namun pada kecepatan tinggi suara bising mulai terdengar

Bantingan setir terasa cukup keras, ini bisa dimaklumi karena civic FD memiliki handling yang lebih mantan.

Posisi Kursi terlalu rendah, sehingga butuh penyesuaian untuk pertama kali mengemudikan kendaraan ini.

 

Honda Civic FD 1 maupun FD 2 menawarkan sesuatu yang lebih, dari pada kurangnya. Untuk kekurangannya bisa dianggap sebagai kekurangan kategori minor. Alias masih bisa abaikan karena tidak terlalu mengurangi kenyaman. kalaupun kamu merasa kurang nyaman bisa diatasi dengan relatif mudah. Untuk bising bisa ditambah peredam, jok kurang tinggi atau kurang empuk bisa dibawa ke service jog.

Pajak

Body Keren, daleman keren, BBM irit. Terus berapakah pajaknya ?

Sama seperti sedan sekelas dari produsen lain. Pajak Honda Civic FD masih cukup tinggi Untuk tahun 2006 FD 1 sekitar 3 jutaan lebih, untuk FD 2, 4 jutaan lebih.

Semakin muda tahunnya pajaknya semakin mahal. Tahun 2012 FD 1 4 juta hampir lima juta, sedangkan FD 2 tahu 2012 lima juta hampir enam juta rupiah.

Makanya diatas disebutkan, mobil ini banyak peminatnya terutama yang berkantong tebal.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum meminang honda Civic FD agar tidak menyesal di belakang hari.

civic fd kelebihan,kelebihan dan kekurangan honda civic 2014,bahan bakar civic fd 1,kelebihan dan kekurangan civic fd,kelebihan dan kekurangan honda civic fd,kelebihan dan kekurangan mbl civic FD1 th 2007,konsumsi bbm civic fd,mesin civic fd 1,singkatan fd1 pada mobil civic,

About vicky

Gandrung sama perkembangan dunia otomotif yang semakin canggih

Check Also

7 Rahasia All-New Honda Jazz Mugen Tampil Semakin Sporty

All-New Honda Jazz Mugen Baru-baru ini Honda sudah meluncurkan varian terbaru dari produk Honda Jazz …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *