Home / Isuzu / Kelebihan dan kekurangan Isuzu Panther Kotak Generasi Pertama 1991 – 2001

Kelebihan dan kekurangan Isuzu Panther Kotak Generasi Pertama 1991 – 2001

Kelebihan dan kekurangan Isuzu Panther Kotak Generasi Pertama

Isuzu merupakan salah satu produsen kendaraan ternama asal tokyo, Jepang yang didirikan pada tahun 1937. Isuzu dikenal sebagai pabrikan kendaraan multi guna yang fenomenal dengan mesin diselnya yang perkasa. Isuzu panther merupakan salah satunya.

Isuzu panther generasi pertama hadir di Indonesia pada tahun 1991, diproduksi hingga tahun 2001. Hadir dengan desain kotak, namun tidak sekotak kompetitornya di masa itu yaitu toyota kijang. Desain isuzu panter kotak juga tampak lebih gemuk dari toyota kijang. Pada awal peluncurannya tersedia dalam beberapa tipe diantaranya Standar, Total Assy (Deluxe), Grand Deluxe dan juga Hi-Grade. Pada saat itu juga muncul panther-panther dari karoseri lokal, seperti Panther Miyabi, Panther Samurai dan juga Panther Bravo.

Panther generasi pertama ini terbagi menjadi dua versi yaitu versi sebelum facelift dan versi facelift. Versi sebelum facelift diproduksi mulai tahun 1991 sampai dengan 1996. Dengan ciri khas desain lampu depan bentuk persegi yang menjorok ke dalam. Menggunakan mesin diesel Indirect Injection 2.3 cc dengan kode mesin C233. Mampu menghasilkan tenaga 58 HP pada putaran 4.300 RPM dan torsi 126 Nm pada 2.200 RPM.

Sementara panther facelift diproduksi dari tahun 1996 hingg 2001. Dengan ciri khas desain lampu berbentuk trapesium sudah merata dengan body, perubahan gril yang lebih manis. Peningkatan dapur pacu dengan menggunakan mesin Direct Injection 2.5 cc kode mesin 4JA1 yang mampu menghadilkan tenaga 79 HP pada 3.900 RPM dan torsi 130 Nm pada putaran 1.800 RPM. Di versi facelift ini juga sudah tidak ada lagi panther buatan karoseri, hanya ada buatan Astra saja, yaitu panther versi Standard, Deluxe, Royale, Grand Royale, New Royale, Sporty, Hi-Sporty, dan Hi-Grade.

Kelebihan panther kotak generasi pertama

Mesin sangat bandel.

Isuzu panther memiliki mesin yang sangat kuat, dalam hal ini jarang rewel baik mesin 2,3 cc pada panther sebelum facelift maupun mesin 2.5 cc pada panther setelah facelift.

 

Teknologi mesin sudah direct injection.

Untuk varian facelift yaitu yang diproduksi dari tahun 1997 hingga 2001 telah menggunakan mesin direct injection, yang lebih hemat dalam hal konsumsi bbm. Dan meski mesin dalam keadaan dingin tetap mudah untuk dihidupkan.

Suspensi empuk dan nyaman.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa panther ini memiliki suspensi yang empuk dan nyaman. Suspensi yang digunakan adalah MacPherson Strut untuk rodak depan, dan per daun untuk roda belakang .

Sparepart tersebar dan murah.

Apabila sparepart mengalami kerusakan, tidak perlu kawatir karena kita bisa dengan mudah mendapatkannya. Sparepart Isuzu panther sudah tersedia dimana-mana dan harganya yang lebih terjangkau

Bisa ditangani oleh bengkel pinggiran jalan.

Selain memiliki sparepart yang murah, mesin diesel pada isuzu panther ini memiliki konfigurasi yang cukup simple di mata para mekanik. Sehingga hampir semua mekanik mobil mampu mengatasi permasalahan pada kendaraan ini apabila sedang rewel.

Konsumsi BBM Isuzu panther irit

Isuzu panther memiliki konsumsi bbm yang tergolong irit untuk luar kota mampu menempul 12 hingga 18 km untuk tiap liternya. Sangat irit untuk kategori mobil mesin diesel yang bisa mimik BBM solar buruk sekalipun. sehingga yang membuatnya semakin irit ini karena selain konsumsi per liternya, juga karena harga solar yang lebih murah dari BBM jenis lainnya.

 

Kekurangan Isuzu Panther Kotak

Desain jadul

Namanya juga mobil jadul, desainya sudah mulai usang termakan zaman. Meskipun ada sedikit lekukan di tiap sudutnya, namun tidak ada kesan meruncing sama sekali. Kesan jadul ini sudah mulai tidak terlihat di New Isuzu panther generasi di atasnya.

Mesin berisik dan getarannya cukup terasa.

Khas dari mesin diesel panther adalah besik dan getarannya cukup terasa ke dalam kabin. Hal ini karena material peredaman pada isuzu panther kurang baik, sehingga suara mesin yang kencang itu masuk ke dalam kabin mobil. Berbeda dengan salah satu kompetitornya yaitu mitsubishi kuda, yang memiliki kekedapan suara lebih baik.

Tenaga kecil.

Untuk panther dengan mesin 2.3 L hanya mampu menelurkan tenaga pada 58 HP @4.300 RPM (2.3 L) ; sedangkan untuk mesin 2.5 liter hanya mampu menghasilkan tenaga 79 HP @3.900 RPM. CC nya tinggi tapi sayang powernya kecil.

Interior mudah getas.

Salah satu hal yang buruk pada isuzu panther adalah kualitas bahan pada plastik interior yang kurang bagus, sehingga lebih mudah retak

Tidak ada varian bertransmisi otomatis.

Pada generasi pertama isuzu panther ini belum menyediakan varian dengan transmisi otomatis

Kaki-kaki lemah

Ringkihnya kaki-kaki isuzu panther ini merupakan masalah yang lazim, ditambah lagi suara mesin yang masuk kabin membuat telinga driver tidak bisa mendengar apabila ada suara-suara aneh pada kaki-kaki. Alhasil, hajar terus sampai terasa rusaknya, baru di bawa ke bengkel service kaki-kaki.

Lantai dek mudah karatan

Lantai dek pada isuzu panther sangat mudah terkenal korosi atau karatan apabila pemiliknya tidak melakukan perawatan yang baik. Apabila mobil ini dirawat dengan baik dalam hal ini kebersihannya, insyaAllah kecil terjadinya karatan.

Itulah ulasan info mobil dari kami mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan isuzu panther kotak generasi pertama. Ada yang berpendapat bahwa generasi pertama hanya yang buatan tahun 1991 hingga 1996 dengan mesin 2.3 L, sedangkan panther buatan 1997 hingga 2001 dengan mesin 2.3 L adalah generasi kedua. Padahal isuzu panther generasi kedua adalah keluaran 2001 yang telah mengalami perubahan desain cukup signifikan dari eksterior maupun interior dan juga mesinnya.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Khususnya yang sedang mempertimbangkan untuk meminang mobil yang dulu dikenal sebagai si gesit irit ini.

About vicky

Gandrung sama perkembangan dunia otomotif yang semakin canggih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *