Home / Tips / Tips Untuk Merawat Mobil Bekas Agar Tetap Bagus

Tips Untuk Merawat Mobil Bekas Agar Tetap Bagus

Tips Untuk Merawat Mobil Bekas Agar Tetap Bagus

Tips Untuk Merawat Mobil Bekas Agar Tetap BagusMemiliki mobil bekas bukan berarti mobil Anda memiliki kesan yang jelek. Pasalnya, ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar mobil bekas Anda tetap bagus. Yah, asalkan Anda bisa merawatnya dengan baik dan benar, mobil bekas Anda akan memiliki tampilan yang tidak kalah kerennya dengan mobil-mobil baru saat ini. Dan berikut tips untuk merawat mobil bekas agar tetap bagus.

  1. Lakukan pengecekan pada mesin

Setiap kali Anda akan mengendarai mobil, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu melakukan pengecekan pada mesinnya. Dengan begitu Anda akan paham apakah spare part mobil Anda perlu diganti atau tidak. Untuk mengetahui mobil Anda bermasalah atau tidak, biasanya saat dikendarai akan terasa ada beberapa komponen yang kurang baik.

  1. Cek ban mobil Anda secara berkala

Pengecekan ban mobil Anda dilakukan setiap kali Anda hendak mengendarainya. Periksalah ketebalan serta angin ban mobil tersebut. Pasalnya, jika ban mobil Anda kekurangan tekanan angin atau bahkan ketebalan ban mobil Anda bermasalah, lebih baik Anda menggantinya saja. Karena hal ini bisa memicu terjadi kecelakaan.

  1. Kurangi kecepatan saat melintasi jalanan tak rata (berlubang)

Kami sarankan agar Anda mengurangi kecepatan mobil Anda ketika sedang melintasi jalanan yang tak rata atau berlubang. Hal ini dikarenakan saat mobil yang Anda kendarai menghantam lubang pada kecepatan tinggi dapat menyebabkan suspensi mobil Anda cepat rusak. Dan parahnya lagi bisa menyebabkan rusaknya balljoint serta tie rod seketika.

  1. Periksa pelumas, jika perlu diganti maka segeralah diganti

Penggunaan mobil dengan jarak tempuh 4000-5000 km membuat oli mobil menjadi kotor. Karena itulah Anda harus menggantinya. Ada sebagian mobil yang mengharuskan penambahan oli saat digunakan lebih dari 2000 km.

  1. Perawatan aki mobil

Aki merupakan bagian terpenting sebagai komponen listrik pada mobil. Karena itu, aki harus mendapat perawatan ekstra. Jika Anda menggunakan aki basah, Anda harus melakukan pengecekan air aki. Karena itu kami sarankan ada baiknya jika Anda menggunakan aki kering yang memang relative lebih mudah dalam perawatannya.

  1. Periksalah kondisi wiper secara berkala

Sebelum Anda bepergian dengan mengendarai mobil Anda, terlebih dahulu Anda memeriksa kondisi wiper Anda. Hal ini dikarenakan jika wiper tidak berfungsi secara normal, maka kinerja wiper dalam membersihkan titik-titik air tidak akan optimal, terlebih lagi pada saat musim penghujan. Karena itulah jika kondisi wiper sudah tidak memungkinkan lagi, kami sarankan lebih baik Anda menggantinya saja.

  1. Periksalah kondisi sabuk mesin

Timing belt atau sabuk mesin memang harus diganti setelah digunakan dengan jarak tempuh 45-50ribu km.

  1. Panaskan mesin mobil saat sebelum Anda gunakan

Sebelum Anda mengendarai mobil Anda, Anda harus memanasi mesinnya terlebih dahulu. Dengan begitu, komponen-komponen yang terdapat di dalam mesin mobil akan terlumasi terlebih dahulu yang dapat membantu mengurangi keausan atau gesekan pada mesin.

About vicky

Gandrung sama perkembangan dunia otomotif yang semakin canggih

Check Also

Tips Perawatan Mobil yang wajib tahu : Cara mengatasi Radiator Bocor Halus

 Cara mengatasi Radiator Bocor Halus Pada mobil dengan usia yang lebih dari lima tahun umumnya …

One comment

  1. Mantap min. Membantu sekali tipsnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *